Abstrak
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau pembiayaan atau bentuk-bentuk lainnya. Perbankan sebagai lembaga intermediasi memiliki posisi strategis dalam perekonomian nasional. Fenomena meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan sistem perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah mendapat respon positif dari pemerintah yang antara lain berupa dikeluarkannya UU no 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah untuk memberikan landasan hukum yang lebih jelas bagi operasional perbankan syariah nasional. Secara konseptual perbankan syariah bukan hanya mempunyai tujuan ekonomi semata, tetapi juga mempunyai tujuan-tujuan sosial. Maka Bank syariah harus memperhatikan pengusaha kecil seperti halnya yang dilakukan oleh bank-bank konvensional. Salah satu fungsi umum perbankan syariah adalah sebagai lembaga pembiayaan dalam menyalurkan dana kepada usaha produktif dan menghasilkan keuntungan bersama. UMKM adalah pangsa pasar potensial dan akan terus tumbuh pada masa-masa mendatang. Dari sisi ekonomi, perputaran bisnis UMKM ini sangat cepat dan tingkat hasilnya pun relatif tinggi, Bank Syariah akan mendapat pangsa yang potensial. BPRS HIKMAH yang dari awal sudah concern pada pembiayaan UMKM diharapkan dapat bersaing dalam hal menyalurkan pembiayaan khususnya kepada UMKM. Untuk menghadapi persaingan dalam menyalurkan pembiayaan kepada UMKM yang mulai banyak dilirik oleh kalangan perbankan konvensional, perbankan syariah maupun lembaga-lembaga pembiayaan dan juga perum-perum yang juga melirik pangsa potensial ini, maka diperlukan strategi-strategi agar BPRS dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari sektor pembiayaan UMKM ini. Berdasarkan hal tersebut di atas, pembahasan skripsi ini adalah Strategi BPRS HIKMAH dalam hal pemasaran untuk meningkatkan portofolio pembiayaanya. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang strategi pembiayaan apa saja yang telah dilakukan BPRS HIKMAH untuk menghadapi persaingan dengan lembaga-lembaga keuangan lain untuk menarik nasabah. Metode yang dilakukan penulis dalam skripsi ini analisis deskriptif kualitatif sedangkan data-data kuantitaif sebagai cara dalam membantu menganalisis data kualitatif atau sebagai penguat dalam melakukan analisis data. Tekhnik yang digunakan adalah wawancara dan literatur kepustakaan serta data¬ dari BPRS HIKMAH kemudian data-data yang terkumpul diolah sesuai dengan kebutuhan penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi-strategi yang telah dilakukan oleh BPRS HIKMAH khususnya pemasaran/promosi maka portofolio pembiayaan di BPRS terus mengalami peningkatan.