Abstrak
Pendidikan merupakan suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa terhadap anak, sebagai individu yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya. Seorang anak lahir dalam keadaan tidak berdaya, ia belum mampu berbuat untuk menolong dirinya sendiri. Semenjak anak dilahirkan, maka yang mula-mula menanamkan pengaruh kepadanya adalah keluarga. Dalam lingkungan keluarga yang paling banyak berperan dalam pendidikan anak adalah ibu. Karena anak lebih dekat kepada ibunya daripada ayahnya. Peran orang tua sangat besar dalam proses pendidikan anak, khususnya pada masa dimana anak membutuhkan pemeliharaan yang sebaik-baiknya dari orang tua, baik perkembangan jasmani maupun perkembangan rohani. Lingkungan keluarga merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Maka itu peneliti akan meneliti pengaruh status orang tua terhadap prestasi belajar anak, dalam penelitian ini peneliti membandingkan antara ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja terhadap prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh status orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode comparative, populasi yang diambil adalah SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, berdasarkan sampel yang di random 40 siswa dijadikan sampel purposive dengan 20 siswa dari ibu yang bekerja dan 20 siswa dari ibu yang tidak bekerja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi (melihat nilai raport siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Jakarta). Tekhnik analisis yang digunakan adalah menggunakan rumus t-test. Hasil kesimpulan dari perhitungan statistik diperoleh angka sebesar 1,878, sedangkan tt = 2,02 dan 2,71. Dalam interprestasinya nilai tersebut menunjukkan to lebih kecil daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian Ho yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari ibu yang bekerja dengan siswa yang berasal dari ibu yang tidak bekerja. Dan setelah dibuktikan dengan uji t ternyata prestasi belajar siswa yang berasal dari ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja tidak ada perbedaan yang signifikan.