Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti-bukti empiris
mengenai isi tes sumatif bahasa Inggris semester satu kelas X tahun akademik 2009-2010 SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Selatan.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah table
checklist untuk menemukan data yang menandai sesuai atau tidaknya soal tes sumatif bahasa Inggris dengan KTSP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah the descriptive comparative. Penulis membandingkan soal tes sumatif Bahasa Inggris semester satu kelas X SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Selatan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), kemudian menganalisis, serta menjelaskan.
Berdasarkan hasil analisis data penulis menemukan 24,2% kesesuaian isi
tes sumatif dengan KTSP. Hasil persentasi ini menunjukkan bahwa isi tes sumatif bahasa Inggris kelas X semester 1 SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Selatan tidak memenuhi salah satu cirri tes yang baik yaitu validitas isi.