Abstrak
Keluarga adalah lingkungan yang pertama dalam membentuk kepribadian anak. Mendidik anak secara kordati adalah tugas suci dan luhur serta merupakan tanggung jawab setiap orang tua. Pendidikan yang diterima oleh anak dipengaruhi oleh sikap, pandangan, nilai-nilai, juga latar belakang orang tuanya. Bimbingan dan penyuluhan sebenarnya terutama diberikan di rumah. Rumah dan keluarga adalah lingkungan hidup pertama, dimana anak memperoleh pengalaman-pengalaman pertama dan sudah mempengaruhi jalan hidupnya. Jadi lingkungan hidup pertama yang memberi tantangan pada anak supaya dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya itu. Disinilah tugas orang tua untuk menjadi pembimbing anaknya, dan menjadikan anaknya sebagai anak yang taat kepada Tuhan Nya, dan menjalani perintah Allah dan menjahui larangan Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar siswa metode yang digunakan adalah korelasi, penelitian dilaksanakan di SDN 04 Semana Jakarta Barat mulai tanggal 12 Mei 2010 sampai dengan 12 Juni 2010. Dalam penelitian ini mengambil populasi sebanyak 69 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (Bimbingan Belajar) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket kepada siswa SDN 04 kelas IV sebagai responden dalam penelitian ini. Adapun teknik pengolahan data yaitu editing, scoring dan tabulating, sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang lemah/rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungn dengn menggunakan rumus product moment dengan indeks korelasi sebesar 0,272 yang berkisar antara 0,20 ? 0,40, sehingga antara intensitas bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa termasuk dalam katagori korelasi yang lemah sehingga dianggap tidak ada hubungan