Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil tentang pengaruh menghafal Al Quran terhadap prestsi belajar matematika di kelas V SDIT Al Furqan Jakarta Selatan. Variabel yang diteliti adalah ? menghafal Al Quran ? sebagai variabel bebas (predictor) dan variable terikatnya (dependen) adalah ?prestsi belajar matematika?, data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui data yang diperoleh dari SDIT Al Furqan serta studi pustaka literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Analisis Data penelitian di SDIT Al-Furqan Jakarta Selatan menunjukkan siswa kelas 5 secara penghafalan Al-Quran rata-rata nilainya di atas 70 dengan hasil yang memuaskan pada semester 1, sehingga secara uji T hitung terdapat pengaruh menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar matematika dengan hasil rata-rata di atas 80. Sedangakan pada semester 2 nilai rata-rata menghafal Al-Quran diatas 70 dan matematika di atas 80, ini menunjukkan pada semester 2 terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Dari kesimpulan yang ada, Adapun prestasi siswa tentu tidak ditentukan seutuhnya dari menghafal Al-Quran, banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, antara lain: Faktor Intern yang mencakup (tingkat kecerdasan, bakat, minat dan motivasi dari dalam siswa) dan Faktor Ekstern yang mencakup baik dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu disarankan Hendaknya pihak sekolah menyediakan dan memfasilitasi guru baik media maupun pelatihan-pelatihan yang ditujukan untuk guru Hendaknya sekolah melakukan penelitian berkala terhadap pengaruh menghafal Al-Quran terhadap prestasi siswa.Hendaknya ada peningkatan kualitas perpustakaan baik secara sarana maupun buku-buku bacaan, mengingat perpustakaan merupakan salah satu tempat khazanah Ilmu.