Abstrak
UNIVERSITAS MUHAMMADIYYAH PROF. DR. HAMKA FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN : MANAJEMEN ADMINISTRASI KESEHATAN SKRIPSI, November 2010 Rosina Hadiyanti ?FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA ASKES RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DOKTER, BIDAN DAN FASILITAS DI PUSKESMAS KARAWACI BARU KOTA TANGERANG TAHUN 2010? xv + 57 halaman, 11 tabel, 4 gambar ABSTRAK Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang telah ditetapkan. Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu. Citra puskesmas dapat dibentuk lewat pengalaman pasien ketika mendapatkan pelayanan di puskesmas. Penelitian ini bertujuan mendapatkan tingkat kepuasan pasien pengguna ASKES rawat jalan di Puskesmas Karawaci Baru Kota Tangerang, penelitian ini bersifat Analitik dan hanya menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan pasienterhadap pelayanan kesehatan dokter, pasien dan fasilitas di Puskesmas Karawaci Baru Kota Tangerang. Data yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh pasien pengguna ASKES rawat jalan di puskesmas karawaci baru kota tangerang yang dikumpulkan mulai dari tanggal 20 ? 24 september 2010, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter, bidan dan fasilitas. Berdasarkan hasil uji statistik (chi-square) tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter, bidan dan perawat yang berbeda antar umur, pendidikan dan pekerjaan. Dengan nilai P Value diatas 0,05 yang artinya tidak menunjukkan adanya hubungan antara karakteristik dengan kepuasan pelayanan dokter, bidan dan fasilitas. Dengan demikian yang perlu dilakukan oleh Pimpinan Puskesmas Karawci Baru Kota Tangerang, seperti: Memberikan pelatihan yang cukup dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada pada puskesmas, memperbaiki sistem kerja terhadap petugas tenaga kesehatan puskesmas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Karawaci BaruKota Tangerang, dan komunikasi yang terbuka antara atasan, bawahan dan pasien atau sebaliknya untuk mengontrol kualitas pelayanan sehingga dengan adanya komunikasi yang baik maka informasi yang diberikan dalam memberikan pelayanan menjadi lebih baik. Daftar Bacaan : 30 (1980-2009