Abstrak
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN MANAJEMEN ADMINISTRASI KESEHATAN Skripsi, November 2010 Iriyanti ?ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEPATUHAN PETUGAS PELAYANAN APOTEK DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN TAHUN 2010? xvi + 78 halaman, 11 tabel, 9 gambar, 5 lampiran ABSTRAK Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan dasar yang mempunyai peranan penting untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan yaitu tercapainya Indonesia Sehat 2025. Berdasarkan survei kepuasan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan pada tahun 2009 dimana pelayanan yang kurang memuaskan berasal dari pelayanan unit/bagian termasuk apotek. Hal ini dapat dilihat dari waktu menunggu yang masih lama (62%), pelayanan petugas kurang ramah dan murah senyum (65,5%), gaya dan bahasa petugas sopan dan tepat (68,5%). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien berdasarkan karakteristik dan persepsi pasien terhadap kepatuhan petugas pelayanan apotek di puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan Tahun 2010. Jenis penelitian ini bersifat analitik kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan selama 8 hari dari tanggal 28 Juli 2010 hingga 6 Agustus 2010 dengan 105 sampel menggunakan metode systematic random sampling. Hasil penelitian menunjukkan pasien yang puas terhadap pelayanan petugas apotek sebanyak (72.4%) sedangkan sisanya (27.6%) tidak puas terhadap pelayanan petugas apotek. Dari 6 variabel independen yang diuji didapat 2 variabel independen yang berhubungan dengan variabel dependen yaitu variable pekerjaan (p.value : 0,000) dan variabel persepsi pasien terhadap kepatuhan petugas pelayanan apotek (p.value : 0,000). Sedangkan variabel independen yang tidak berhubungan dengan variabel dependen yaitu umur (p.value : 0,956), jenis kelamin (p.value : 0,629), pendidikan (p.value : 0,143), dan cara pembayaran (p.value : 0,247). Saran yang dapat diberikan adalah diadakan atau mengikut sertakan petugas dalam pelatihan sesuai dengan profesi untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas pelayanan kesehatan yang berdampak pada meningkatkan ketanggapan pelayanan petugas kepada pasien. Daftar Bacaan : 38 (1996-2009)