Abstrak
ABSTRAK NUR CHAERANY, Hubungan Konformitas Kelompok dengan Bullying pada siswa-siswi SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta : Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Desember 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas kelompok dengan bullying pada siswa-siswi SMA negeri 6 Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan kepada instansi yang terkait mengenai pembentukan kelompok-kelompok di sekolah yang mendorong seseorang untuk melakukan konformitas terhadap kelompok dengan jalan bullying. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan menghubungkan konformitas kelompok dan bullying. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI dan XII sebanyak 67 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk skala likert sebanyak 24 butir pernyataan yang berkenaan dengan konformitas kelompok dan 31 butir pernyataan mengenai bullying. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment untuk melihat hubungan dari variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif yang mantap, terlihat dari koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,517. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konformitas kelompok dengan bullying pada siswa-siswi SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Kata kunci : Konformitas Kelompok dan Bullying.