Abstrak
Abstrak Budi Kurniawan. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Untuk tingkat sekolah dasar, pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu kunci prestasi dan belajar yang lebih menarik. Apabila dikelas mereka merasa lebih jenuh pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sehingga akan sangat sulit sekali mereka bisa berhasil di kelas selanjutnya. Untuk mengatasi rasa jenuh tersebut, maka penulis coba membuat Perancangan aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia yang mengurangi rasa kejenuhan anak dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam pengembangan perancangan aplikasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) ini, penulis mengembangkan perangkat ajar yang didalamnya terdiri dari: tahap konsepsi, realisasi dan eksploitasi. Hal yang pertama dilakukan dalam tahap konsepsi adalah melakukan persiapan awal atau analisis melalui wawancara, observasi, pembagian kuisioner dan studi pustaka. Setelah diketahui kebutuhan aplikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang disukai siswa-¬siswi Sekolah Dasar. Barulah penulis membuat perancangan story board berdasarkan script yang telah dibuat sebelumnya. Untuk menghindari pekerjaan ulang dan kesalahan, sebelum aplikasi dibangun maka dilakukan peninjauan ulang. Setelah yakin tidak ada kesalahan, penulis mulai membangun aplikasi dengan menggunakan Macromedia Flash MX. Setelah pembuatan coding selesai, penulis meninjau ulang kembali untuk menghindari kesalahan ketika pemasangan kepada komputer pengguna maka dilakukan evaluasi kembali apakah perancangan aplikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ini bias diterapkan, user friendly, dan menarik minat siswa untuk belajar dan menyukai pelajaran IPA. Sebagai aplikasi berbasis multimedia, mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam menjadi lebih mudah, menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa-¬siswi sekolah dasar. Sehingga minat dan motivasi belajar merekapun meningkat.