Abstrak
ABSTRAK
Motor bakar merupakan mesin atau pesawat yang menggunakan energi termal untuk melakukan kerja mekanik, yaitu dengan cara merubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas, dan menggunakan energi tersebut untuk melakukan kerja mekanik. Di dalam motor bakar itu sendiri terdapat beberapa sistem yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Salah satunya sistem penyalaan, dimana sistem ini merupakan bagian yang sangat vital pada mesin berbahan bakar bensin, karena tanpa sistem pengapian, pembakaran campuran udara dan bahan bakar pada ruang bakar tidak akan pernah terjadi.
Adapun permasalahan yang timbul di sistem penyalaan tersebut seperti: Pada saat mesin akan dihidupkan, putaran dinamo starter berat yang mengakibatkan tidak kuatnya menggerakkan fly wheel (roda gila), tidak ditemukannya percikan atau loncatan api pada celah busi (spark plug), pada saat mesin hidup, putaran dari mesin tersebut tidak bisa stasioner.
Penanganan dari beberapa permasalahan diatas adalah dengan melakukan pergantian pada bantalan dari poros armatur dengan cara membuka penutup komutator yang kemudian lepaskan bantalan yang lama dan ganti dengan bantalan yang baru, dilakukan pergantian pada busi (spark plug) yang sudah mati dengan yang baru dengan cara melepaskannya menggunakan kunci busi, dilakukan penyetelan saat pengapian menggunakan alat timing light untuk mencari titik pengapian yang tepat. Maka dari itu kita hendaknya melakukan perawatan secara teratur untuk mencegah kerusakan dini pada sistem tersebut.