Abstrak
ABSTRAK
Laily Heryanti. NIM. 0501055033. Analisis Tingkat Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Tes Sumatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SMPN 206 Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2009.
Tes merupakan alat terpenting untuk mengukur kemampuan dan keberhasilan belajar siswa di sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Tes yang dilakukan untuk mengetahui sejauhmana peserta didik telah mengikuti suatu program adalah tes sumatif. Di mana tes sumatif dilakukan setiap akhir semester.
Validitas dan reliabilitas merupakan salah satu persyaratan di mana suatu tes dapat dikatakan baik. Dalam hal ini, seorang guru ataupun penyusun soal harus merancang suatu tes yang memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Validitas dan reliabilitas dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur secara tepat dan tetap.
Yang menjadi perhatian penulis dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah tingkat validitas dan reliabilitas butir soal tes sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMPN 206 Jakarta Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis butir soal tes sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMPN 206 Jakarta Barat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa butir soal tes sumatif berjumlah 32 butir atau 80 % valid. Artinya tingkat validitas tes sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia tahun 2008/2009 siswa kelas VII SMPN 206 Jakarta Barat valid, sedangkan 8 butir atau 20 % tidak valid. Indeks reliabilitas tes sumatif ini semua butir soal adalah reliabel dan signifikan, dengan nilai korelasi reliabilitas hitung 0,59. Selain itu, Kesesuaian validitas isi dengan butir soal tes sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia tahun 2008/2009 siswa kelas VII SMPN 206 Jakarta Barat yang termasuk level C1 adalah 20%, level C2 adalah 27,5%, C3 adalah 15%, level C4 adalah 12,5 %, level C5 adalah 17,5 %, dan level C6 adalah 7,5 %. Serta butir soal yang ada pada tes sumatif mata pelajaran bahasa memiliki kesesuaian dengan indikator Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kesimpulannya adalah butir soal tes sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMPN 206 Jakarta Barat cenderung valid dan reliabel.