Abstrak
ABSTRAK LAILA JUWITA. NIM: 0501055032. Korelasi Antara Skor IQ dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Rangkasbitung. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah korelasi antara skor IQ dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu gambaran hasil penelitian berupa data statistik. Metode ini digunakan untuk meneliti korelasi antara skor IQ dengan kemampuan menulis karangan argumentasi dalam bentuk statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Rangkasbitung yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 249. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik rendom sampling (teknik acak), yaitu mengambil sepuluh orang dari masing-masing kelas. Hasil analisis deskripsi mengemukakan, bahwa skor IQ berhubungan dengan kemampuan menulis karangan argumentasi. Hasil penghitungan menggunakan teknik pengolahan data melalui program SPSS (Software Program Service Solution) Versi 15.0 Windows Vista, dengan rumus korelasi kofisien product moment menunjukkan bahwa diperoleh nilai r hitung sebesar 0,556. Dari tabel signifikan 0,05 diperoleh hasil sebesar 0,254. Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel (0,556 > 0,254). Dari hasil r = 0,556 dengan probabilitas (tingkat signifikansi) = 0,000, maka probabilitas (0,000 < 0,05). Sedangkan berdasarkan pengujian melalui t-tes, dari hasil penghitungan didapat nilai t hitung = 5,09 sedangkan nilai t tabel pada tingkat signifikansi 0,05 besbesar 2,00, jadi t hitung lebih besar dari t tabel (5,09 > 2,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara skor IQ dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Rangkasbitung.