Abstrak
DAHLIA. NIM: 953121005. Penggunaan awalan ber- dan ter- Dalam karangan siswa kelas iv sdn i peninggilan cileduk tangerang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2009 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak awalan ber- dan ter- yang digunakan oleh siswa kelas IV SDN I Peninggilan, Ciledug, Tangerang, Banten, serta bagaimana deskripsi penggunaan awalan ber- dan ter- dari segi bentuk maupun arti. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif analisis dengan instrumen peneliti sendiri dengan dibantu tabel kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 responden yang diteliti terdapat 205 kalimat yang menggunakan awalan ber- dan ter-. Awalan ter- lebih banyak digunakan, yaitu sebanyak 151 kata, sedangkan awalan ber- digunakan sebanyak 54 kata. Hal ini menunjukkan bahwa kalimat pasif lebih banyak daripada kalimat aktif. Awalan ter- dalam makna ?dalam keadaan? menduduki peringkat paling banyak, yaitu 77 kata, makna ?terjadi? dan ?telah terjadi? masing-masing 20 kata, ?tidak sengaja? sebanyak 8 kata, ?dapat/sanggup? dan ?paling? masing-masing 6 kata, dan kata berawalan ter- yang berkategori kata tugas sebanyak 14 kata. Awalan ber- dalam makna ?melakukan? ditemukan sebanyak 29 kata, ?mempunyai? muncul sebanyak 15 kata, dan ?merasakan? muncul sebanyak satu kata. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa kalimat pasif dengan kata yang berawalan ter- cenderung lebih banyak digunakan daripada kalimat aktif dengan kata yang ber- awalan ber- pada siswa kelas IV SDN I Peninggilan Cileduk Tangerang Banten.