Abstrak
ABSTRAK
IMAIKE WAHYU FITRIANI: Korelasi antara Penguasaan kosakata dengan Kemampuan Mengarang Eksposisi Siswa Kelas X SMA Islamic Centre Tangerang. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan bahasa dan Satsra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Juli 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang eksposisi.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang eksposisi siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islamic Centre Tangerang pada semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 40 siswa dari 80 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen penguasaan kosakata (variabel X) menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan untuk instrumen kemampuan mengarang ekpsosisi (variabel Y) menggunakan tes menulis. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen pilihan ganda yang menggunakan pilihan ganda diujicobakan kepada 40 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 20 soal yang valid dari 30 soal, diperoleh r11=1,01>0,412=rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung=0,59 didapat
thitung=4,54>2,02=ttabel yang berarti H1 diterima. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang eksposisi. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,3481 artinya 34,81% kontribusi penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang eksp