Abstrak
ABSTRAK SUCI LESTARI, 020105053
NILAI SASTRA, SOSIOLOGI SASTRA DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA SERTA APLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Skripsi, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2008
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai sastra sosiologi dan pendidikan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2008 sampai bulan Juli 2008. Metode yang digunakan adalah deskripsi dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah sastra, sosiologi sastra, dan pendidikan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, Jakarta, 2005. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis terdapat nilai sastra, sosiologi sastra, dan pendidikan. Dalam novel tersebut digambarkan bahwa kondisi sosial dan pendidikan dalam masyarakat Belitong, dimana anak-anak yang berstatus sosial rendah mempunyai tekad yang kuat untuk menjadi pintar dan menempuh pendidikan tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari peranan sang guru sekolah Muhammadiyah yang dengan tulus dan ikhlas mengajarkan kesebelas anak didiknya yang menjadi tokoh dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terdapat nilai sastra, sosiologi sastra, dan pendidikan, nilai sastra mencakup nilai plot, penokohan, pusat pengisahan, gaya bahasa, tema, dan amanat. Nilai pendidikan mencakup aspek pendidikan. Sedangkan nilai sosiologi sastra mencakup aspek sosiologi sastra.
Dengan latar belakang kehidupan sosial masyarakat berstatus sosial rendah, novel Laskar Pelangi mengandung nilai-nilai edukatif. Dengan demikian novel Laskar Pelangi dapat diterapkan sebagai bahan pengajaran Apresiasi Sastra di SMA.