Abstrak
Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan, maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk pelayanan profesional sumber daya manusia dalam rumah sakit perlu ditingkatkan, agar menjadi lebih efektif dan of lien serta member' kepuasan terhadap pasien, keluarga, maupun masyarakat. Berdasarkan ha( di atas perlu diketahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan professional sumber daya manusia di unit rawat'nap Rumah Sakit Pusat Pertamina. Tujuannya adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelaksanaan prosedur pelayanan operasional dar' perawat, dokter, petugas farmasi, ADM dan keuangan, dirnana informasi ini diharapkan dapat digunakan dalam meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit. lurnlah responden sebanyak 150 pasien, pengumpulan data dengan menggunakan Quisioner, Pengolahan data dilakukan secara manual dan ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi Hasil penelitian yang didapat adalah pasien yang paling banyak dirawat di unit rawat inap adalah pada kelompok umur pruduktif 19 - 40 tahun sebanyak 39,4 %, dari pendidikan yang paling banyak adalah pendidikan SLTA 4,8 %, responden menurut pekerjaan yang paling banyak bekerja di Pertamina yaitu 38 %, dan menurut cara pembayaran pasien yang terbanyak adalah jaminan !cantor 54 %, dan menurut distribusi frekuensi kepuasan dan ketidak puasan pasien terhadap pelayanan perawat, yang tidak puas terhadap jumlah tenaga perawat yaitu sebanyak 23,3 %. Dalam pelayanan dokter, yang tidak puas terhadap pemberian informasi dari dokter yaitu 14,7 %. Responden yang tidak puas terhadap pelayanan farmasi yaitu pads pemberian informasi oleh petugas farmasi adalah 21,3 %. Pada Admistrasi dan keuangan, yang tidak puas terhadap kecepatan pelayanan yang diberikan yaitu 18,0 %. Persentase ini merupakan salah sate informasi pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat leap Rumah Sakit Pusat Pertamina, didapat dari persepsi pasien. Dari hasil penelitian tersebut disarankan bagi Rumah Sakit Pusat Pertamina perlu adanya penambahan tenaga keperawatan dan untuk mencapai profesionaiisme yang balk diperlukan pembinaan sikap dan kemampuan tenaga untuk memperbaiki efektifitas dan efisiensi kerja mereka dalam melaksanakan dan mencapai sasaran program keija yang telah ditetapkan. Daftar bacaan 14 buah ( 1973 - 1996 )