Abstrak
Manajemen rumah sakit berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang berkuaiitas kepada pasien dalam rangka memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Haji Jakarta tahun 2001 Dengan indikator kepuasan pasien dalam hubungannya dengan pelayanan pendaftaran, perawat, dokter, petugas apotek, tenaga kasir dan lingkungan fisik Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif diambil pada bulan April melalui kuesioner yang disebar kepada pasien yang datang ke pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Haji Jakarta tahun 2003. Hasil penelitian menunjukkan, yang menyatakan sangat puas terhadap seluruh pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Haji Jakarta tahun 2003 sebanyak 14 orang (17,3 %) dan puas sebanyak 67 orang (82,7 %). Pada pengkategorian berdasarkan mean sejumlah responden yang memiliki kepuasan tinggi sebesar 38,3 % dan kepuasan rendah 61,7 %. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara variabel umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, transportasi dan cara pembayaran dengan kepuasan pasien. Berdasarkan basil penelitian yang didapat, maka saran ditujukan bagi pelayanan petugas apotek instalasi rawat jalan Rumah Sakit Haji Jakarta yaitu agar menambah persediaan obat yang ada agar lebih lengkap.