Abstrak
PT. Asuransi Jiwa Eka Life pertama kali didirikan dengan nama PT Asuransi Jiwa Purnamala internasional yang bernaung dibawah bendera SINAR MAS GROUP. untuk memperluas jaringan SINAR MAS GROUP dan AYALA GROUP membentuk Joint Venture pada tahun 1989. Sejak bekerja sama dengan AYALA GROUP saat itu PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life. Eka Life tumbuh dengan prestasi yang sangat gemilang. Asetnya berkembang mencapai lebih dari 46 kali lipat dalam 10 tahun. Pendapatan premi meningkat pada tahun 2000 dan mengembangkan sayap ke 60 kantor perwakilan dengan lebih dari 400 karyawan dari 3.500 agen professional, maka hal ini tentunya tidak terlepas dari produktifitas kerja karyawan dan motivasi kerja karyawan Eka Life yang mampu memberikan pelayanan semaksimal mungkin dan sekaligus mampu membangun kepercayaan kepada nasabah terhadap Eka Life sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas komurikasi organisasi yang terjadi dan bagaimana kondisi motivasi kerja karyawan PT. Asuransi jiwa Eka Life. Apakah terdapat hubungan antara komunikasi organisasl dengan motivasi kerja karyawan PT. Asuransi Jiwa Eka Life. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori komunikasi organisasi, arus komunikasi, dan teori-teori motivasi kerja. Dalam hal ini komunikasi organisasi meliputi komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah. dan komunikasi ke sesama karyawan. Teori komunikasi organisasi digunakan untuk mengukur kualitas komunikasi organisasi dan teori motivasi kerja digunakan untuk mengukur tingkat motivasi kerja karyawan PT Asuransi Ewa Eka Life.. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dan bersifat korelasional. Metodologi yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Asuransi Jiwa Eka Life yang beroperasional di kantor pusat Mangga Dua Raya, Jakarta Utara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random (acak) dan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 71 orang. Data diperoleh dari basil penyebaran kuesioner dan data primer diperoleh langsung dari PT Asuransi Jiwa Eka Life kemudian data yang diperoleh dideskriptifkan dan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas komunikasi organisasi ke atas, komunikasi organisasi ke bawah dan komunikasi organisasi ke sesama karyawan pada PT Asuransi Jiwa Eka Life menunjukan posisi di bawah mean (skor rendah) dan motivasi kerja karyawan PT Asuransi Jiwa Eka Life tergolong sedang. Adapun saran dari penulis untuk PT Asuransi Jiwa Eka Life agar Iebih meningkatkan kualitas komunikasi organisasi dan meningkatkan motivasi kerja karyawan dengan memperhatikan kebutuhan karyawan khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas motivasi kerja karyawan.