Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan utama, yaitu bagaimana persepsi karyawan Departemen Agama RI terhadap kualitas majalah Ikhlas Beramal. Dalam latar belakang masalah dilihat dari tingkat kualitas majalah Ikhlas Beramal yang menyebabkan adanya perbedaan persepsi karyawan Departemen Agama RI terhadap kualitas majalah Ikhlas Beramali Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu ingin mengetahui tingkat persepsi karyawan Departemen Agama RI terhadap kualitas majalah Ikhlas Beramal dan untuk mengetahui apakah perbedaan agama menyebabkan perbedaan persepsi terhadap kualitas majalah Ikhlas Beramal. Signifikansi penelitian secara praktis diarapkan dapat menjadi masukan bagi praktisi Humas Departemen Agama RI dapat terns menjalankan pecan dan fungsinya sebagai mediator dan komunikator infor nasi departemen balk secara internal maupun eksternal, sehingga terbina hubungan yang kondusif, serta dengan mudah mencapai visi dan misi departemen. Secara akademis, menjadi manfaat bagi para Akademis Kehumasan sehingga menambah pengetahuan teori dan praktek Humas sesungguhnya. Terutama dalam kegiatan yang dilakukan Humas internal yaitu salah satunya mensosialisasikan majalah internal. Sedangkan secara metodologis, mengharapkan basil penelitian ini dapat menunjukkan basil korelasi variabel x dan y, yakni adanya hubungan antara persepsi karyawan Departemen Agama RI dengan kualitas majalah Ikhlas Beramal, dengan itu dapat dinyatakan bahwasannya Humas Departemen Agama RI dengan balk dapat mensosiaiisasikan majalah internal. Dan dapat rnengembangkan ilmuilmu komunikasi secara khusus yaitu komunikasi organisasi dan ilmu-ilmu sosial secara umum. Setelah melihat latar belakang masalah, hipotesa yang diambil adalah perbedaan agama dapat menyebabkan perbedaan persepsi. Dalam menganalisa rurnusan masalah tersebut penulis menggunakan metode penelitian sebagai benlcut, peninjauan langsung ke Departemen Agama RI untuk mendapatkan informasi dan data, menggunakan kuesioner tertutup, wawancara, studi kepustakaan, dan analisa data dengan Anova_ Persepsi terhadap kualitas majalah Ikhlas Beramal yang diberikan aleh karyawan Departemen Agama RI yitu kualitas majalah Ikhlas Beramal yang didalamnya terdapat beberapa rubrik yang menciptakan persepsi karyawan Departemen Agarna RI yang berbeda-beda. Terkadang persepsi dapat berbentuk positif atau baik dan negatif atau buruk berdasarkan perbedaan agama, karena rnajalah internal yang tidal( berkualitas maka instansipun akan mendapatkan citra yang negatif dan jika majalah internal itu berkualitas maka instansipun akan mendapat citra yang positif.