Abstrak
Persepsi komunikasi organisasi merupakan pertunjukan dan penafsiran pecan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dan suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan-hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu Iingkungan.Yang termasuk dalam bidang ini adalah komunikasi internal, hubungan manusia, hubungan persatuan pengelola, komunikasi downward atau komunikasi dari atasan kepada bawahan, komunikasi upward atau komunikasi dari bawahan kepada atasan, komunikasi horizontal atau komunikasi dari orang-orang yang sama levelnya dalam satu organisasi, keterampilan berkomunikasi dan berbicara, mendengarkan, menulis dan komunikasi evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesa perbedaan jenis kelamin dan pendidikan mengakibatkan perbedaan persepsi, bagaimana persepsi karyawan terhadap kualitas komunikasi organisasi perusahaan berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan bagaimana persepsi karyawan terhadap kualitas komunikasi organisasi berdasarkan perbedaan tingkat pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Cheil Samsung Indonesia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 30 orang karyawan PT. Cheil Samsung Indonesia. Dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah metode penelitian survey. Data diambil dengan penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dideskripsikan dan dianalisis secara kuantitatif. Data diuji dengan menggunakan uji T-test dan Anova