Abstrak
Kepuasan adalah sesuatu yang subjektif, namun demikian kepuasan sering dijadikan sebagai alai pengontrol bagi rumah sakit sebagai penyedia jasa layanan kesehatan. Dengan kondisi masyarakat yang semakin kritis, diharapkan rumah sakit mampu memberikan pelayanan yang baik dan dapat memuaskan para pengguna jasa layanannya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pasien. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Data yang dipergunakan adalah data primer dengan menggunakan, perangkat kuesioner. Adapun penelitian ini dilakukan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Said Sukanto Jakarta. Responden pada penelitian ini adalah pasien dewasa yang telah dirawat minimal 2 x 24 jam sete!ah dinyatakan boleh pulang oleh dokter yang merawat. Dalam penelitian ini tidak disertakan pasien anak, psikiatri, tahanan dan ICU (Intensive Care Unit). Responden diasumsikan mereka yang dapat merasakan, mengamati, menilai pelayanan yang diberikan rumah sakit yaitu yang sadar selama 2 x 24 jam dirawat dan mempunyai komunikasi verbal yang baik. Waktu pengumpulan data selama 10 hari yaitu tanggal 13 - 22 Desember 2002. Dari hasil penelitian tersebut pada umumnya pasien menilai pelayanan di unit rawat inap merasa puas atas pelayanan yang diberikan.