Abstrak
Rumah sakit sebagaimana organisasi pada umunnnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu dapat terus mempertahankan keberadaanya dan berkembang menjadi rumah sakit yang lebih besar. Hal ini merupakan tantangan yang perlu dihadapi oleh manajemen rumah sakit, sehingga rumah sakit perlu melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats) untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan analisis SWOT dari lingkungan internal dan ekstemal di pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Gandaria Jakarta tahun 2003. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan menganalisis faktor internal dan eksternal melalui wawancara mendalam dengan Kepala Humas-Pemasaran, Kepala Kepegawaian, Kepala Keuangan dan Staf Rekam Medis. Proses analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dan hasil penelitian diperoleh bahwa Rumah Sakit Gandaria Jakarta telah menyeimbangkan antara kondisi internal dengan lingkungan ekstemal, hal ini ditandai dengan total nilai matrik IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 3,42 dengan kekuatan terbesar yaitu adanya kegiatan pemasaran yang mendapat dukungan dari karyawan dan kelemahan yang menjadi perhatian utama adalah adanya beberapa poliklinik yang masih sedikit pasiennya. Sedangkan total nilai matrik EFE (External Factor Evaluation) sebesar 3,20 dengan peluang terbesar adalah adanya kerjasama dengan asuransi dan perusahaan, serta ancaman yang menjadi perhatian utama adalah fasilitas rumah sakit pesaing yang hampir sama dengan Rumah Sakit Gandaria Jakarta Berdasarkan simpulan di atas penulis menyarankan agar Rumah Sakit Gandaria Jakarta dapat mengimplementasikan altematif strategi yang telah dirumuskan dengan matrik SWOT, sehingga rumah sakit dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien khususnya di pelayanan rawat jalan.