Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang hubungan antara motivasi berprestasi dan pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kota Pangkalpinang Propinsi Sumatera Selatan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) hubungan antara pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3) hubungan antara motivasi berprestasi dan pengetahuan pembuatam tes dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Hipotesis yang akan diuji adalah: (I) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (2) Ada hubungan positif antara pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (3) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Pangkalpinang Propinsi Sumatera Selatan pada tahun pelajaran 1999/2000. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan teknik korelasional. Populasi target adalah seluruh guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kota Pangkalpinang sebanyak 30 guru SMU. Sampel penelitian ini menggunakan sampel total. Analisis ujicoba instrumen penelitian untuk validitas soal pada instrumen pertama menggunakan korelasi product moment Karl-Pearson dan untuk ujicoba penelitian kedua menggunakan korelasi point biserial, reliabilitas instrumen pertama menggunakan Spearman-Brown dan instrumen kedua menggunakan Kuder-Richardson (K-R) 20. Ujicoba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas rnasing¬masing instrumen adalah sebagai berikut: motivasi berprestasi mempunyai r = 0,84 dan pengetahuan pembuatan tes mempunyai r = 0,94. Analisis data yang dipakai untuk data yang diperoleh adalah korelasi sederha,wdan korelasi multipel. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dengan kualitas soaI buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Y), dengan persamaan A regresi Y - 12,50 + 0,69X1 dan koefisien korelasi ryl = 0,37 serta koefisien determinasi r2y1 = 0,133 yang signifikan pada taraf signifikansi a = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positifantara pengetahuan pembuatan tes (X2) dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Y), dengan persamaan regresi Y = 25,82 + 1,22X2 dan koefisien korelasi rye = 0,58 dan koefisien deterrninasi r2y2 = 0,338 serta signifikan pada taraf signifikansi a = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (XI) dan pengetahuan pembuatan tes (X2) dengan kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Y) dengan persamaan regresi Y = - 22,72 + 0,51X1 + 1,12X2 dan koefisien korelasi jamak Ry.12 = 0,64 dan koefisien determinasi R2y1_2 = 0,407 serta signifikan pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk memperbaiki kualitas soal buatan guru SMU dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Antara lain melalui peningkatan motivasi berprestasi , serta penguasaan terhadap pengetahuan pembuatan tes dengan baik.