Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dengan Kesiapan Siswa SMK Program studi Gambar Bangunan Gedung Sebagai Juru Gambar Bangunan di Daerah Khusus lbu kota Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survei, dengan populasi siswa kelas III SMK program studi gambar bangunan gedung di Daerah Khusus lbu kota Jakarta tahun pelajaran 1999/ 2000. Jumlah sampel 40 siswa yang diambil secara acak sederhana dan 71 siswa. Data dikumpulkan dengan : (1) tes teori dan tes praktik menggambar untuk mengukur tingkat kesiapan siswa sebagai juru gambar, (2) angket untuk mengukur tingkat motivasi berprestasi dan pengalaman praktek kerja lapangan. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil menunjukkan bahwa : (1) tingkat Kesiapan Siswa SMK Program studi Gambar Bangunan Gedung di Daerah Khusus lbu kota Jakarta dibidang gambar teknik bangunan gedung adalah cukup tinggi; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Kesiapan Siswa SMK Program studi Gambar Bangunan Gedung sebagai Juru Gambar (r = 0,70367), Pengalaman Praktek Kerja Lapangan dengan Kesiapan Siswa SMK Program studi Gambar Bangunan Gedung sebagai Juru Gambar (r = 0,75351) ; (3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Siswa SMK Program studi Gambar Bangunan Gedung sebagai Juru Gambar (R = 0,80126) : (4) besar variasi masing masing variabel babas terhadap Kesiapan Siswa sebagai Juru Gambar bangunan secara berturut-turut : Motivasi Berprestasi 49.50 persen, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan 5677 persen dan secara bersama - sama antara Motivasi Berprestasi dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan sebanyak 64,21 persesn_ Uji statistik F menunjukkan bahwa harga-harga statistik tersebut berarti pada taraf signifikansi 5 persen