Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan besarnya hubungan antara Gaya Belajar dan Teknik Pembelajaran dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan pada Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Serang. Hipolesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan; (2) terdapat hubungan positif antara teknik pembelajaran dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan; (3) terdapat hubungan positif antara gaya belajar dan teknik pembelajaran secara bersama¬-sama dengan prestasi akademik mata kuliah llmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Survey dengan populasi target seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Serang, yang terdiri dari: Program Studi PAI, Program Studi PBA dan Program Studi PB1. Sampel diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian untuk gaya belajar dan teknik pembelajaran menggunakan face validity, sedangkan instrumen prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan didasarkan pada content validity. Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keterandalan masing¬-masing instrumen adalah sebagai berikut: gaya belajar mempunyai rtt = 0, 8, teknik pembelajaran mempunyai rtt = 0, 92, dan prestasi akademik mata kuliah ilmu Pendidikan mempunyai rtt = 0, 93. Analisis data yang digunakan untuk data yang diperoleh adalah rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan positif antara gaya belajar (X1) dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = - 1 8.39 + 0, 42X, dan koefisen korelasi ry1 = 0,79 yang signifikan pada taraf signifikansi α = 0,01. Kedua, terdapat hubungan positif antara teknik pembelajaran (X2) dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Pendidikan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = -2, 96 + 0,29X2 dan koefisen korelasi ry2 = 0.75 yang signifikan pada taraf signifikansi α = 0, 01. Ketiga, terdapat hubungan positif antara gaya belajar (XI) dan teknik pembelajaran (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi akedemik mata kuliah Ilmu Pendidikan (Y) dengan koefisen korelasi Ry.12 = 0, 80 yang signifikan pada taraf signifikansi α = 0, 01. Hasil penelitian ini dapat berguna bagi pcningkatan kualitas dosen dan prestasi akademik mahasiswa khususnya dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan pada jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Serang.