Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Pesanggerahan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Subyek penelitian terdiri atas siswa kelas III Madrasah Tsanwiyah di Kecamatan Pesanggerahan Kebayoran Lama Jakarta Selatan tahun ajaran 1998/ 1999, pada cawu ke dua, sebanyak 856 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data mengenai perhatian orang tua, motivasi berprestasi diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Sebelum digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen untuk mengetahui validitasnya. Program yang di gunakan untuk menghitung validitas dan reliabilitas SPS dari Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Hasil penelitian untuk instrumen perhatian orang tua relbilitasnya sebesar 0,919, sedangkan untuk motivasi berprestasi koefesien reliabilitasnya sebesar 0,920. Untuk instrumen prestasi belajar menggunakan tes obyektif yang telah dibuat oleh Kantor Wilayah Departemen Agama, make peneliti tidak melakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik korelasi dan regresi Ganda, signifikan yang di ambil 0.05(α=0.05). Dari analisis korelasi diperoleh : (a) terdapat hubungan yang positif antara Perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa ( rh = 0.654 dan rt 0,195 ); ( b ) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar ( rh = 0.399 dan rt = 0,195). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan adanya hubungan yang positif antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi secara bersamaŽsama dengan prestasi belajar siswa ( Ft, = 42,76 dan Ft = 3,09 ). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada orang tua agar meningkatkan perhatiannya terhadap belajar anaknya, dan kepada guru agar meningkatkan motivasi berprestasi anak-anak didiknya dalam kegiatan proses belajar mengajar.