Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegemaran membaca dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bahasa Indonsia siswa kelas V SDN di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan Hipotesis yang diajukan adalah (1) Terdapat hubungan positif antara kegemaran membaca dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di kecamatan Cilandak Jakarta Selatan; (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan; (3) Terdapat hubungan positif antara kegemaran membaca dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi target adalah siswa kelas V SDN di kecamatan Cilandak sebanyak 480 siswa, dan populasi terjangkau di kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan sebanyak 105 siswa. Sampel diambil dengan teknik multi stage random sampling. Instrumen penelitian didasarkan validitas isi (content validity). Keterhandalan dihitung dengan minus Alpha Cronbach, hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keterhandalan instrumen adalah sebagai berikut: kegemaran membaca mempunyai r11 = 0,9357 , motivasi berprestasi mempunyai r11 = 0,8819, dan prestasi belajar bahasa Indonesia mempunyai r11= 0,9590. Analisis yang dipakai untuk data yang diperoleh adalah regresi dan korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan positif antara kegemaran membaca (XI) dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa kelas V Sekolah Dasar (Y) dengan persamaan regresi Y = -6,3710 + 0,1092 Xi dengan koefisien korelasi aryl = 0,9586 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi 7 i = 0,9188. Kedua terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar (Y) dengan persamaan regresi = -8,2516 + 0,1184 X2 dengan koefesien korelasi 7cy2 = 0,9578 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien diterminasi 7c2 = 0,9174. Ketiga, terdapat hubungan positif antara kegemaran membaca (X1) dan motivasi berprestasi (X2) dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar (Y) dengan persamaan regresi Y = -7,2922 + 0,0596 X1 + 0,0544 X2 dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0,9603 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien diterminasi R2 = 0,9222. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kegemaran membaca anak melalui peningkatan motivasi belajarnya yang hasilnya akan dirasakan pada peningkatan hasil belajar secara keseluruhan.