Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Bakat Siswa dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SLTPN Kelas II di Kodya Bekasi, untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua siswa dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SLTPN Kelas II di Kodya Bekasi, untuk mengetahui hubungan antara Bakat Siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SLTPN Kelas II di Kodya Bekasi. Hipotesis yang akan diuji adalah (I) terdapat hubungan positif antara bakat siswa dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia SLTPN kelas II di Kodya Bekasi, (2) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia siswa SLTPN kelas II di Kodya Bekasi, (3) Terdapat hubungan positif antara bakat siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia siswa SLTPN kelas II di Kodya Bekasi. Penelitian ini dengan menggunakan Metode Survai. Analisis data Model regresi sederhana dan multipeI. Populasi target adalah SLTPN kelas II di Kodya Bekasi, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa SLTPN 11, 13, 21 , 22 khusus kelas II, dan diambil satu kelas dari masing-masing sekolah tersebut. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian untuk variabel bakat siswa melalui tes bakat. Untuk variabel perhatian orang tua menggunakan instrumen kuisioner, dan untuk variabel hasil belajar adalah menggunakan instrumen Tes Bahasa dan Sastra. Variabel penelitian adalah meliputi Bakat Siswa (X1), Perhatian orang tua (X2) dan Hasil Belajar Apresiasi Bahasa dan Satra Indonesia kelas II SLTPN di Kodya Bekasi (Y). Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama terdapat hubungan yang positif antara Bakat Siswa (Xi) dengan Hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra (Y) dengan indek korelasi yang diperoleh pada taraf signifikasi 0,05 adalah r = 0,52. Hasil uji t terdapat nilai = 8,07 angka ini jauh lebih besar dari harga tabel 1,645, dengan demikian signifikan. Kedua terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan hasil belajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia dengan indek korelasi 0,72 pada taraf signifikasi 0,05 hasil uji t membuktikan bahwa nilai t = 13,76 jauh lebih besar dari harga tabel (t) 1,645. Maka signifikan. Ketiga terdapat hubungan positif antara Bakat siswa dan perhatian orang tua (Xi, X2) dengan hasil belajar (Y) dengan korelasi 0,72 pada taraf signifikan 0,05. Setelah dilakukan Uji F maka diperoleh nilai F = 96,89 jauh lebih besar dibandingkan dengan harga tabel (f) 3,04 maka hipotesis ini cukup signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi Bapak/ Ibu guru khususnya guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan mutu pengajaran di sekolah-sekolah terutama SLTP.