Abstrak
Mesin mobil merupakan bagian pembangkit tenaga (gerak) dimana dari mesin inilah dihangkitkan tenaga yang kem'udian menimbulkan gerak war, Secara garis benar mohil mempunyai pemindah daya yaitu scjumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang di hasilkan pleb mesin untuk untuk mengerakkan roda¬roda kendaraan. Kita mengetahui bahwa pemindah daya terdiri dari trasnmisi, propeller shaft, deferensial, poros pengerak, axle shaft, dan kopling. Rangkaian kopling terletak diantara mesin dengan transmisi Fungsinya untuk menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke trasnmisi dan diteruskan ke bagian yang iainya melalui kerja pedal selama perkaitan roda gigi. Karena kopling merupakan bagian dari sistim pemindah daya maka kita hendaknya menggetahui gangguan atau kendala yang sering dialami dari rangkaian kopling tersebut adapun gangguan tersebut adalah pada saat antara transmisi dengan mesin hubunganya tidak lembut atau kasar, pada saat di hubungkan untuk perpindahan tenaga terjadi selip, pada saat di hubungkan mesin dengan transmisi hubunganya tidak sempurna yang akan menyebabkan mesin mendadak mati. Penyebab dari ketiga masalah tersebut adalah terlalu sering mengunakan kopling , sebab pengunaan kopling berlebihan akan menyebabkan tidak sempurnanya kerja dari kopling tersebut, pengunaan kopling yang tidak benar dan berlebihan adalah factor yang paling utama dari segala bentuk terganggunya kerja kopling secarn sempurna, kurangnya pengawasan dan pemeriksaan. Setelah mengetahui gangguan dan penyebab yang terjadi pada rangkaian kopling tersebut hendaknya kita mengerti cara memperbaikinya menanggulangi gangguan yang sering terjadi agar rangkaian kopling dapat bekerja dengan sempuma sesuai dengan kondisi jalannya kendaraan