Abstrak
Jaringan Telekomunikasi pada saat ini terns berkembang menjadi suatu jaringan yang semakin luas. Semakin canggih (menawarkan makin banyak jenis pelayanan). Sekaligus semakin kompleks. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi Telekomunikasi clan juga perkembangan kebutuhan manusia dalam bidang telekomunikasi dalam kehidupan modern. Jaringan yang has dan kompleks ini menjadi semakin rentan terhadap kesalah yang bervariasi jenis dan penyebabnya. Untuk itu diperlukan suatu sistem untuk mengendalikan dan memperbaiki setiap kesalahan yang terjadi dalam jaringan telekomunikasi yaitu Sistem Manajemen Kesalahan. Dalam penerapannya, sistem ini masih mengalami hambatan terutama dalam hubungannya dengan sifat jaringan Telekomunikasi yang luas yang terdiri dari bagian-bagian sistem yang bekerja secara terpisah. Sistem-sistem ini memiliki sistem manajemen kesalahan masing-masing yang berbeda karakteristik kerjanya satu dengan yang lain. Untuk itu supaya tercapai integrasi jaringan dalam hal mengatur setiap kesalahan yang terjadi, maka perlu dilakukan standarisasi terhadap sistem manajemen kesalahan sehingga pada akhimya setiap sistem mempunyai dasar yang sama dan dapat bekerja sama (interoperabilitas).