Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap efektivitas penerapan keputusan, pengaruh ketarampilan manajerial terhadap efektivitas penerapan keputusan, dan pengaruh gaya kepemimpinan dan ketarampilan marajerial terhadap efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah. Ada tiga hipotesis yang diajukan: (1) adakah hubungan antara gaya kepemimpinan dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah, (2) adakah hubungan antara keterampilan manajemen dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah; dan (adakah hubungan antara gaya kepemimpinan dan keterampilan manajerial secara bersama-sama dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik sample acak sederhana, Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik statistik korelasi Product Moment Pearson, Analisis Regresi Sederhana, dan Analisis Regresi Ganda. Adapun yang menjadi variable terikat (Y) dalam penelitian ini aclalah efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah, sedangkan variable bebasnya adalah gaya kepemimpinan (X1) dan keterampilan manajerial (X2). Instrumen dan butir tes di diuji cobakan untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan tes dan reliability instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah memiliki reliabilitas rπ = 0,971, gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rπ=0,947, keterampilan manajerial kepala sekolah memiliki reliabilitas rπ, = 0,960. Data peneitian yang terkumpul dilakukan analisis regresi sederhana tunggal maupun regresi sederhana Banda. Hasilnya disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 52, 200 + 0,369 X1, koefisien korelasi ry1 = 0,553 dan koefisien detemiinasi R2y1 = 30,634% pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara keterampialan manajerial kepala sekolah (X2) dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 63, 731 + 0,212 X2, koefisien korelasi ry2 = 0,645 dan koefisien determinasi R2y2 = 41,574% pada taraf signifikansi α = 0,05, (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan (X1) dan keterampilan manajerial kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan efektivitas penerapan keputusan kepala sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 48,460 + 0,174 X1 + 0,255 X2 koefisien korelasi ry12 = 0,739 dan koefisien determinasi R2y2 = 54,600 % pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan, keterampilan manajemen baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas penerapan. keputusan kepala sekolah. Karena itu, disarankan agar dilakukan peningkatan kualitas kepala sekolah baik dan sisi kepemimpianannya maupun keterampilan manajenalnya dan perlu juga dilakukan penelitian lainnya dengan variable-variabel yang berbeda.