Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian simulasi komputer terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Model, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, pada bulan Agustus sampai dengan September 2005. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen melalui studi komparasional. Sample diambil sebanyak 60 orang dan dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok eksperimen, dan lainnya kelompok kontrol, dengan salah satu kelompok mendapat periakuan. Pengukuran hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan gerak diukur berdasarkan instrumen postes sebanyak 30 butir soal dan hasilnya diuji melalui statistik uji "t". Uji persyaratan analisis yang dipakai adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan Liliefors untuk mengetes signifikansi normalitas distribusi pada taraf signifikansi 5 %, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji kesamaan dua varians. Dari hasil perhitungan uji normalitas diperoleh nilai Lo = 0.128 1ebih keeil dari Lt = 0.161 pada taraf signifikansi 5 % yang disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan basil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1.126 Dan ftabel = 1.85 pada taraf signifikansi 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data homogen. Untuk mengetahui kekuatan korelasi dari variabel digunakan koefisien korelasi r product moment dan diperoleh rhitung sebesar 0.963 > 0.361 = rtabel kemudian digunakan statistik uji "t" Dan diperoleh harga to/t hitting 18.87 dan ttabel = 1.67 (5 %) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa media simulasi komputer sebagai media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar fisika siswa dan efektif dalam memberi gambaran dan pemahaman yanmg utuh kepada siswa dalam meyelesaikan permasalahan fisika khususnya pokok bahsana gerak.