Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan partisipasi masyarakat dengan implementasi manajemen berbasis sekolah. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan implementasi manajemen berbasis sekolah; (2) terdapat hubungan positif antara partisipasi masyarakat dengan implementasi manajemen berbasis sekolah; (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan partisipasi masyarakat secara bersama-sama dengan implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah kepala sekolah dan komite sekolah dengan sumber data guru sekolah lanjutan tingkat pertama negeri yang ada di kecamatan Cianjur sebesar 20% dari 206 responden. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik inferensial. Untuk keperluan uji validitas digunakan korelasi product moment dari Pearson untuk mendapatkan rhitung. Untuk pengujian reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut: implementasi manajemen berbasis sekolah ry1 = 0,9513, kemampuan manajerial kepala sekolah rye = 0,9660, dan partsipasi masyarakat ry12 = 0,9383. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X,) dengan implementasi manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi Y= 50,12 + 0,46X1, dan koefisien korelasi r1= 0,40, signifikans pada 0,05. kedua, terdapat hubungan positif antara partisipasi masyarakat (X2) dengan implementasi manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi Y = 82,98 + 0,27X2, dan koefesien korelasi r2= 0.84, signifikan pada 0,05. ketiga, terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dan partisipasi masyarakat (X2) secara bersama-sama dengan implementasi manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi 58,96 + 0,24X1 + 0,22X2, dan koefisien korelasi jamak R = 0,5294, signifikan pada 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk melaksanakan manajemen berbasis sekolah melalui kemampuan manajerial kepala sekolah dan partisipasi masyarakat.