Abstrak
Masalah penelitian ini adalah hubungan antara kecerdasan emosi dan interaksi kelompok guru dengan produktivitas kerja guru. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan interaksi kelompok guru dengan produktivitas kerja guru, baik secara parsial maupun bersama-sama. Hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini adalah : (1) hubungan antara kecerdasan emosi (X1) dengan produktivitas kerja guru (Y ); (2) hubungan antara interaksi kelompok guru (X2 ) dengan produktivitas kerja guru (Y); dan (3) hubungan antara kecerdasan emosi (X1) dan interaksi kelompok guru (X2) dengan produktivitas kerja guru (Y ). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dekriptif melalui pendekatan survei lapangan dengan strategi korelasi. Populasi target adalah seluruh guru Negeri dan swasta yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya adalah guru-guru yang ada di yayasan al muslim sebanyak 120 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 60 orang guru dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen pengungkap data kecerdasan emosi guru mempunyai koefisien reliabilitas rtt = 0,742; koefisien reliabilitas interaksi kelompok guru sebesar rtt = 0,748; dan koefisien reliabilitas produktivitas kerja sebesar rtt = 0,734. Teknik statistika yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistika inferensial dengan teknik korelasi dan regresi sederhana, parsial, maupun ganda. Hasil penelitian menyimpuikan hal-hal sebagai berikut : (1). terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi (X1 ) dengan produktivitas kerja guru (Y) melalui persamaan regresi Y = 40,11 + 0,39 X1 dan koefisien korelasi r y1 = 0,65 yang signifikan pada taraf alfa 0,05. (2) terdapat hubungan positif antara interaksi kelompok guru (X2) dengan produktivitas kerja guru (Y) melalui persamaan regresi Y = 37,93 + 0,52 X2 dengan r y2 = 0,72 yang signifikan pada taraf alfa 0,05. (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi (X1 ) dan interaksi kelompok guru (X2) secara bersama-sama dengan produktivitas kerja guru (Y) melalui persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 29,96 + 0,23 X1 + 0,38 X2. Harga Ry1.2 = 0,80 yang signifikan pada taraf alfa 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kecerdasan emosi guru dengan diberikannya pelatihan-pelatihan, dan bagi para pimpinan agar memperbaiki pola interaksi antar guru dan pimpinan secara umum sehingga sistem kerja tetap kondusif, nyaman dan menyenangkan yang pada akhirnya mangarah pada peningkatan produktivitas kerja guru.